Minggu, 23 September 2007

Entrepreneur Muslim dan Sifatnya

Entrepreneur atau pengusaha merupakan pelaku usaha yang mempunyai sifat dan jiwa tertentu yang lebih unggul dibandingkan dengan orang lain yang bukan seorang enterepreneur. Seorang entrepreneur (secara otomatis) mempunyai jiwa kepemimpinan yang memadai dan penuh kreatifitas serta motivasi yang tinggi. Sesungguhnya sifat-sifat tersebut telah dimiliki oleh setiap manusia yang dilahirkan di bumi ini, namun dengan porsi yang berbeda-beda. Dan tipe seorang entrepreneur sejati mempunyai porsi yang lebih besar dibandingkan dengan tipe manusia lain.

Selain mempunyai jiwa kepemimpinan dan penuh inovasi, seorang entrepreneur juga mempunyai sifat-sifat terpuji yang dalam Islam biasa disebut Akhlaqul Mahmudah. Sifat-sifat tersebut antara lain ulet, sabar, gigih, tekun, bermental positif, berpikir maju jujur, cerdas dan penuh tanggung jawab.

Seorang entrepreneur muslim semestinya mempunyai sifat-sifat yang telah disebutkan di atas. Entrepreneur muslim juga harus mempunyai pikiran yang maju dan berwawasan luas. Diapun mampu mampu untuk beradaptasi di berbagai zaman.

Sifat sabar seorang entrepreneur muslim seharusnya dimiliki dengan porsi ganda karena seorang entrepreneur merupakan orang yang mandiri dalam berbagai hal, termasuk mendirikan usaha. Ia juga mesti tahan banting dalam menghadapi ujian dan cobaan yang dating. Godaan dan ujian yang dating biasanya berbentuk kegagalan maupun cemoohan. Namun seorang entrepreneur sejati pasti tak akan menghiraukan kata “gagal” maupun kata-kata yang dapat menjadikannya lesu tak bergairah. Justru kegagalan maupun cemoohan baginya merupakan cambuk untuk bangkit dari keterpurukan akibat kegagalan. Ia akan senantiasa belajar dari kegagalan yang ia dapat, mengevaluasinya untuk kemudian bangkit dan berjuang hingga akhirnya mencapai kemenangan.

Bahkan beberapa entrepreneur tak pernah menganggap ada kegagalan dalam hidupnya. Kegagalan menurut mereka hanyalah anggapan orang lain, sementara dia sendiri menganggap kegagalan itu sebagai suatu proses untuk maju.

Seorang entrepreneur muslim perlu pula memiliki empat sifat Rasul yakni shidiq, tabligh, amanah, dan fathonah. Keempat sifat tersebut memiliki arti yang luas. Jika diterjemahkan dalam bahasa modern seperti sekarang, shidiq berarti dedikasi (kejujuran); amanah berarti bertanggung jawab terhadap keluarga, masyarakat dan agama; tabligh berarti berusaha menyisipkan nilai dakwah dalam setiap usaha/bisnis yang dijalankannya; serta fathonah yang dapat diartikan mampu untuk beradaptasi dengan zaman modern dan berpikir maju serta cerdas.

Tidak ada komentar: